Search

Ketahui Ciri Hingga Penyebab Penyakit Meningitis yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly - Merdeka.com

Ketahui Ciri Hingga Penyebab Penyakit Meningitis yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly Glenn Fredly. ©Kapanlagi.com

Merdeka.com - Dunia hiburan tanah air kembali berduka. Penyanyi legendaris, Glenn Fredly menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (8/4) malam.

Sempat dirawat di Rumah Sakit Setia Mitra, pelantun lagu ‘Januari’ ini meninggal lantaran menderita penyakit meningitis.

Penyakit meningitis sendiri merupakan penyakit radang selaput otak yang dapat menyerang siapa saja. Berikut ulasan dari ciri hingga penyebab penyakit meningitis:

1 dari 9 halaman

Pengertian

004 destriyana

2015 Merdeka.com

Dilansir dari Halodoc, meningitis merupakan kondisi tubuh yang mengalami peradangan atau inflamasi pada selaput otak (meningen). Pada umumnya, meningitis dapat menyerang tubuh melalui infeksi virus, jamur, bakteri, dan penyebab lain seperti reaksi imunologi, penyakit sistematik, lupus, dan lainnya.

Merujuk pada Hellosehat, meningitis yang disebabkan virus cenderung tidak akan berakibat parah dan sebagian penderita dapat sembuh tanpa melalui pengobatan.

Di sisi lain, meningitis yang disebabkan oleh jamur merupakan jenis penyakit yang termasuk langka. Sehingga penyakit ini biasanya terjadi pada penderita yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

2 dari 9 halaman

Ciri-ciri

ilustrasi otak manusia

2012 Merdeka.com

Penderita penyakit meningitis pada umumnya akan menunjukkan ciri-ciri seperti flu pada umumnya. Lalu, beberapa gejala yang lain akan mengiringi dan berkembang dalam hitungan hari.

Beberapa cirinya yaitu meliputi:

- Sensitif terhadap cahaya
- Mual dan muntah
- Sakit kepala parah
- Kebingungan
- Demam
- Leher kaku
- Sering mengalami pingsan

3 dari 9 halaman

Penyebab

cerdas

gizmodo.com

Meningitis sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai dari bagian tubuh terluar seperti telinga, sinus, dan tenggorokan. Beberapa penyebab lainnya yakni termasuk bakteri, jamur, parasit, bahan kimia, dan obat-obatan.

Sementara itu, penyakit lain pun juga dapat menjadi penyebab dari timbulnya meningitis yakni antara lain penyakit autoimun, kanker, tumor, sipilis, dan tuberkulosis.

Untuk itu, seseorang yang memiliki beberapa riwayat penyakit kronis tersebut sebenarnya memiliki risiko cukup tinggi untuk mengalami komplikasi ketika terserang penyakit meningitis.

4 dari 9 halaman

Jenis

ilustrasi otak

shutterstock.com/Andrea Danti

Dilansir dari Liputan6, terdapat dua jenis meningitis yang dapat menyerang tubuh yaitu viral meningitis dan meningitis bakteri. Kedua jenis meningitis ini dibedakan berdasarkan gejala yang dialami dan nampak pada penderita. Berikut merupakan penjelasannya:

5 dari 9 halaman

1. Viral Meningitis

Pada umumnya, penderita meningitis jenis ini akan mengalami sakit kepala, kelelahan, dan kehilangan memori. Meskipun viral meningitis ini memiliki tingkat keparahan yang rendah, namun kebanyakan penderita perlu mendapatkan pemulihan total.

Virus yang dapat menyebabkan meningitis antara lain adalah virus influenza, herpes simplex, West Nile, Varicella Zoster, dan campak.

Sebab, meningitis diklaim dapat menyebabkan gangguan memori apabila tidak dilakukan perawatn dan pengobatan secara medis dengan tepat. Pasalnya, meningitis merupakan sebuah penyakit dengan risiko kematian cukup tinggi.

6 dari 9 halaman

2. Meningitis Bakteri

Berbeda dengan viral meningitis, jenis meningitis yang satu ini dapat mengancam jiwa serta memerlukan perhatian medis secara lebih lanjut.

Bakteri penyebab meningitis ini disebut bernama meningokokus. Penderita meningitis jenis ini akan menampakkan gejala adanya bercak dan flu.

Meskipun berawal dari gejala seperti flu biasa, namun gejala ini juga patut dicurigai secara lebih lanjut apabila nampak gejala-gejala lain yang menyertainya.

7 dari 9 halaman

3. Meningitis Parasit

Jenis meningitis ini diklaim lebih langka dari virus dan bakteri. Parasit ini dapat ditemukan di dalam tanah, kotoran, dan beberapa hewan. Jenis parasit yang dapat menginfeksi selaput otak adalah Angiostrongylus contonensis, Baylisascaris procyonis, Gnathostoma spinigerum.

8 dari 9 halaman

4. Meningitis non-infeksi

Jenis ini adalah meningitis yang tidak disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus melainkan lantaran kondisi atau perawatan medis dan beberapa penyakit kronis.
Beberapa di antaranya adalah lupus, cedera kepala, operasi otak, kanker, tumor, maupun pengobatan tertentu secara jangka panjang.

9 dari 9 halaman

Faktor Risiko

ilustrasi otak manusia

2012 Merdeka.com/shutterstock/Alex Mit

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit meningitis. Beberapa faktor penentu tersebut antara lain

- Orang yang tidak melakukan vaksinasi radang selaput otak
- Anak-anak yang berusia di bawah lima tahun
- Orang yang memiliki sistem imnuitas tubuh yang rendah
- Seseorang yang baru saja menjalani transplantasi sumsum tulang belakang
- Penderita diabetes dengan tingkat keparahan yang tinggi
- Ibu hamil

[mta]

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
April 09, 2020 at 10:51AM
https://ift.tt/2yN4xRB

Ketahui Ciri Hingga Penyebab Penyakit Meningitis yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly - Merdeka.com
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketahui Ciri Hingga Penyebab Penyakit Meningitis yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.