Search

Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona, Kehilangan Indra Penciuman Diduga Jadi Gejala Awal - merdeka.com

Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona, Kehilangan Indra Penciuman Diduga Jadi Gejala Awal antisipasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Virus corona baru atau COVID-19 kini telah menginfeksi lebih dari 2.000.000 orang di berbagai negara. Penyebarannya yang begitu cepat membuat beberapa negara seperti Italia dan Amerika Serikat kini memiliki jumlah korban infeksi yang besar.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah banyak memberikan informasi terkait bagaimana ciri-ciri infeksi virus corona baru bagi seseorang. Karena virus ini merupakan strain baru, seiring waktu, gejala-gejala untuk mengidentifikasi seseorang apakah Ia terpapar virus corona atau tidak terus dikabarkan.

Namun baru-baru ini sebuah penelitian telah dilakukan dan terdapat beberapa gejala baru ciri-ciri corona, terutama karena ada orang yang tidak menunjukkan gejala batuk maupun sesak napas beberapa hari setelah terinfeksi.

Berikut ciri-cirinya yang dilansir dari beragam sumber:

1 dari 6 halaman

Ciri-ciri terkena virus corona, gejala baru:

Kehilangan Indra Penciuman

Menurut sebuah studi baru di Amerika Serikat yang dipublikasikan di Forum Internasional Alergi & Rhinologi, kehilangan bau secara tiba-tiba, tampaknya merupakan tanda awal COVID-19, terutama pada mereka yang memiliki kasus ringan.

bau

livesciene.org

Pada lebih dari seribu pasien dengan gejala mirip flu yang tidak terdiagnosis, para ahli menemukan mereka yang kehilangan bau dan rasa memiliki peluang 10 kali lipat lebih besar untuk positif COVID-19.

"Tanda pertama yang paling umum dari infeksi COVID-19 tetap demam, tetapi kelelahan dan kehilangan bau dan rasa mengikuti gejala awal yang sangat umum," jelas ahli THT dan ahli bedah kepala dan leher Carol Yan dari University of California San Diego seperti yang dilansir dari Science Alert.

Dengan mensurvei 1.480 pasien, para peneliti menemukan lebih dari 100 orang dinyatakan positif COVID-19. Di antara kelompok pasien ini, kehilangan bau dan rasa sangat umum terjadi, tetapi indera ini biasanya kembali dalam dua hingga empat minggu infeksi, sesuai dengan waktu pemulihan penyakit secara keseluruhan.

Dibandingkan dengan demam atau kelelahan, kehilangan bau atau rasa, sering kali dapat diabaikan atau dijelaskan, yang berarti bahwa banyak orang dengan gejala ini bisa menjadi 'penyebar senyap' dari virus tanpa menyadarinya.

2 dari 6 halaman

Ciri Corona Bisa Diawali dengan Diare

Menurut sebuah studi baru, beberapa pasien dengan COVID-19 mengalami gejala gastrointestinal, terutama diare sebagai tanda pertama penyakit ini.

Di antara pasien COVID-19 yang memiliki gejala ringan secara keseluruhan, akan mengalami gejala sesak napas kemudian, namun beberapa tidak pernah mengalaminya sama sekali.

5 penyebab diare pada anak dan cara mengatasinya

2020 Merdeka.com

"Temuan ini penting karena mereka yang tidak memilikigejala umumCOVID-19, seperti batuk, sesak napas dan demam, mungkin tidak terdiagnosis dan berpotensi menyebarkan penyakit kepada orang lain," kata para peneliti.

Namun, mereka mencatat bahwa masalah pencernaan sangat umum terjadi secara keseluruhan dan tidak berarti bahwa seseorang telah terinfeksi COVID-19.

Tetapi dokter harus menyadari bahwa gejala pencernaan mendadak pada orang dengan kemungkinan pernah memiliki kontak dengan virus atau pasien COVID-19.

"Setidaknya harus segera mempertimbangkan penyakit," tulis para penulis dalam makalah mereka, yang diterbitkan sebelum dicetak Senin (30 Maret) dalamThe American Journal of Gastroenterology.

Penelitian ini bukan yang pertama melaporkan gejala pencernaan sebagai tanda COVID-19. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diposting pada 18 Maret dalamjurnalyang sama menemukan bahwa, di antara sekitar 200 pasien COVID-19 di tiga rumah sakit di Wuhan, Cina, sekitar 50% melaporkan setidaknya satu gejala pencernaan, dan 18% melaporkan diare, muntah atau sakit perut.

Namun, penelitian itu dan yang lain cenderung berfokus pada pasien dengan penyakit parah, bukan pada pasien dengan penyakit ringan.

3 dari 6 halaman

Mata Merah Muda

Virus corona yang baru juga dapat menyebabkan mata menjadi merah muda atau merah jambu, dan para peneliti Cina mengatakan virus itu dapat menyebar melalui air mata.

Dalam sebuah studi, dari 38 pasien dengan COVID-19, selusinnya juga memiliki mata merah muda (konjungtivitis). Pada dua pasien, virus corona terdapat dalam cairan hidung dan mata.

merah

iStock

"Beberapa pasien COVID-19 memiliki gejala okular, dan mungkin virus corona baru ada dalam sekresi konjungtivitis pasien dengan COVID-19," kata peneliti Dr. Liang Liang dari departemen ophthalmologi di Universitas China Three Gorges di Yichang dilansir dariMedicine Net.

Konjungtiva adalah lapisan tipis transparan jaringan yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan mencakup bagian dari putih mata. Liang mengatakan virus corona dapat menyerang pada pasien dengan pneumonia COVID-19 yang parah.

Itu berarti virus dapat menyebar jika seseorang menggosok mata yang terinfeksi dan kemudian menyentuh orang lain, atau selama pemeriksaan mata, penulis penelitian menyarankan.

4 dari 6 halaman

Muncul Ruam

Randy Jacobs, MD, seorang dokter kulit berbasis di California, mengamati kasus-kasus ruam misterius pada tiga pasiennya yang didiagnosis dengan COVID-19.

Yang unik dari ruam ini adalah ruamnya datang dan pergi, tidak seperti ruam lain yang biasanya terkait dengan infeksi virus seperti cacar air, campak, atau bahkan demam berdarah.

ruam

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Di Italia, di mana angka kematian akibat coronavirus berada di urutan kedua setelah AS, sebuah studi pengamatan kecil terhadap 88 pasien menunjukkan bahwa 20,4% dari mereka mengembangkan beberapa bentuk kondisi kulit yang berspekulasi terkait dengan COVID-19.

Ada kemungkinan bahwa pasien COVID-19 pada awalnya mungkin mengalami ruam kulit yang dapat salah didiagnosis sebagai penyakit umum lainnya, lapor Beuy Joob, PhD, dari Sanitation Medical Academic Center di Bangkok.

Dalam kasus unik ini, ruam bebas-gatal ini bisa disebabkan oleh respons sistem kekebalan Anda terhadap virus.

"Jika ruam bersifat sementara (datang dan pergi), apa yang kami curigai adalah sekelompok partikel virus dilepaskan ke dalam aliran darah pada saat itu," kata Dr. Jacobs dikutip dari Health.

Ruam itu sendiri disebabkan oleh penyumbatan darah yang disebut oklusi vaso. Ketika Anda memblokir darah, Anda tidak mendapatkan oksigen."

Jadi apa yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami ruam spesifik ini? Dengan segala jenis ruam kronis, selalu bicarakan dengan dokter kulit Anda untuk menentukan program pengobatan potensial, yang mungkin mengarah pada tes COVID-19.

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Terinfeksi Virus Corona secara Umum

Gejala umum dari infeksi ini termasuk demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk kering, kelelahan dan kesulitan bernapas atau sesak napas dan napas pendek. Penyakit ini menyebabkan lesi paru-paru dan pneumonia.

Beberapa gejala ini tumpang tindih dengan gejala flu, membuat deteksi menjadi sulit, tetapi ingusan dan sinus tersumbat lebih jarang terjadi.

Kebanyakan orang jatuh sakit lima hingga tujuh hari setelah terpapar, tetapi gejalanya dapat muncul hanya dalam dua hari atau sebanyak 14 hari.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona

ilustrasi masker kain

Pixabay

Karena gejala COVID-19 sangat mirip dengan gejala flu atau pilek, penting untuk tidak langsung mengambil kesimpulan. Apabila anda atau orang terdekat anda menunjukkan gejala tersebut disarankan untuk segera menghubungi layanan medis terdekat atau melalui hotline Kementerian Kesehatan di 021-5210411 dan 0812-1212-3119.

Berikut upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi sebaran dan mencegah Anda terinfeksi virus corona:

Mengurangi Interaksi ke Penderita Infeksi Pernapasan

Sebagai orang awam, tentu kita kesulitan untuk memastikan orang di sekitar kita sudah terinfeksi virus corona maupun belum.

Oleh sebab itu, sebelum epidemi ini berakhir, perlu menghindari interaksi secara dekat dengan orang yang menderita infeksi pernapasan akut.

Mengecek Kesehatan

Apabila Anda maupun keluarga Anda usai melakukan sebuah perjalanan dari luar negeri, penting untuk memeriksakan kesehatan Anda ke instansi kesehatan terdekat. Hal ini mencegah penanganan yang terlambat dan meminimalisir penyebaran yang terjadi.

Mencuci tangan

Sering mencuci tangan, terutama setelah kontak langsung dengan orang yang sakit atau lingkungannya sangat diperlukan. Dianjurkan untuk mencuci minimal 20 detik lamanya menggunakan sabun dan bawalah hand sanitizer ke mana pun Anda pergi.

Hindari kontak dengan peternakan atau hewan liar

Usahakan hingga pandemik ini berakhir, hindari kontak tanpa perlindungan dengan peternakan atau hewan liar. Seperti yang telah diketahui, hewan yang menjadi penular virus ke manusia, dan bisa menularkan virus ke sesame hewan lainnya.

Memperhatikan Etika Batuk

Orang dengan gejala infeksi pernapasan akut harus berlatih etika batuk (pertahankan jarak, tutupi.Batuk dan bersin dengan tisu atau pakaian sekali pakai, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Jangan Melakukan Perjalanan ke Luar Negeri

Jangan melakukan perjalanan ke negara China maupun negara yang telah terinfeksi hingga pandemi benar-benar mereda.

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dapat menyebabkan seseorang terinfeksi virus corona karena memungkinkan kuman di tangan Anda mencapai jaringan permukaan yang lembap dan berpori tempat kuman dapat masuk ke tubuh Anda.

Di Rumah Saja

Menghindari keramaian atau menyentuh benda-benda di luar yang Anda tidak pernah tahu riwayatnya akan menyelamatkan Anda dan orang di sekitar Anda untuk tidak tertular virus corona.

Memakai Masker

Apabila Anda terpaksa harus keluar, kenakan masker untuk melindungi orang lain dari kemungkinan terinfeksi. Namun, jangan pernah mencoba menyentuh bagian luar masker menggunakan tangan Anda. Karena masker memungkinkan menangkap berbagai partikel, bakteri, dan virus di udara.

[amd]

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
April 16, 2020 at 04:30PM
https://ift.tt/3af1df4

Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona, Kehilangan Indra Penciuman Diduga Jadi Gejala Awal - merdeka.com
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona, Kehilangan Indra Penciuman Diduga Jadi Gejala Awal - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.