Search

Ciri ciri Masker Kain yang Baik Menurut Pakar UI - Medcom ID

Jakarta: Pemerintah saat ini menganjurkan masyarakat menggunakan masker kain sebagai alternatif pengganti masker bedah. Namun perlu dikenali ciri-ciri masker kain yang baik dan efektif untuk mencegah virus korona (covid-19).
 
Meski begitu, masker kain ini juga tidak bisa sembarangan dibuat agar efektif mencegah penularan virus Korona. Pakar Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Syahrizal Syarif menjelaskan, masker kain harus tetap memiliki tiga lapisan layaknya masker bedah agar efektif.
 
Lapisan pertama ini merupakan bahan antiair atau serat kain yang padat, kemudian lapisan kedua dapat berupa kain filter yang halus, begitu juga untuk lapisan ketiga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ada baiknya antara lapisan kedua dan ketiga bisa disisipkan kertas tisu untuk menyerap air,” terangnya.
 
Untuk lapisan pertama, kata Syahrizal, bisa menggunakan bahan gordyn sebagai bahan antiair yang bertujuan mencegah cairan dari luar bisa masuk. Adapun tanda bahwa masker itu baik adalah ketika digunakan meniup lilin, lilinnya tidak mati.
 
Baca juga:Pakar UI: Masker Kain Sama Efektifnya dengan Masker Bedah
 
“Kain gordyn juga cukup efektif untuk lapisan luar. Lapisan dalam bisa kain yang lembut, lapisan ketiga juga. Kalau dipakai tidak bisa kita mematikan api lilin dengan hembusan masker, berarti ini masker baik,” terang Syahrizal yang juga merupakan Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) ini.
 
Ia pun menyebut, jika masker kain dengan tiga lapisan ini efektif sebagai pengganti masker bedah. Dan untuk penggunaannya, sekali pakai hanya empat sampai lima jam, setelah itu harus dicuci dengan sabun dan disetrika ketika akan digunakan kembali.
 
“Saya bisa bilang masker kain yang digunakan masyarakat yang terpaksa keluar rumah sama efektifnya dengan masker medis yang digunakan tenaga medis yang mewawancarai pasien dengan jarak duduk satu meter,” ujarnya.
 

(CEU)

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
April 08, 2020 at 11:48AM
https://ift.tt/34jrreY

Ciri ciri Masker Kain yang Baik Menurut Pakar UI - Medcom ID
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ciri ciri Masker Kain yang Baik Menurut Pakar UI - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.