Search

Geger Keraton Agung Sejagat, Ini Ciri-Ciri Keraton Asli dan Abal-Abal - Okezone News

SOLO - Belakangan ini publik dihebohkan dengan munculnya keraton-keraton baru di beberapa daerah, seperti di Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Sunda Empire di Bandung dan Keraton Djipang di Blora. Bahkan, keraton hingga kerajaan itu sudah memiliki pengikut yang biasa disebut Sentono atau Abdi Dalem.

Meskipun pada akhirnya, aparat Kepolisian bisa membuktikan bila keberadaan keraton tersebut abal-abal. Seperti yang terjadi di Purworejo. Di mana, pimpinan tertinggi Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso Hadiningrat dan teman perempuannya, Dyah Gitarja akhirnya mengaku bila mereka berbohong dan mendirikan kerajaan palsu.

Baca Juga: Penguasa Keraton Agung Sejagat Cabang Klaten Berpangkat Jenderal 

Lantas bagaimana cara agar masyarakat mampu membedakan keraton asli dan abal-abal?

 

Juru bicara Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta yang juga Ketua Masyarakat Adat Keraton Nusantara, KPH Eddy Wirabumi menjelaskan, ada tujuh poin persyaratan yang harus diketahui masyarakat untuk mengetahui apakah keraton maupun kerajaan itu asli atau abal-abal.

"Keraton itu yang paling penting sebenarnya bukan fisiknya, tapi adannya tradisi budayanya," ujar Eddy yang juga suami dari Putri Raja Pakubuwono XII kepada Okezone, Senin (20/1/2020).

Menurut Eddy, poin pertama yaitu adannya garis keturunan raja dalam suatu struktur adat yang sudah ada ratusan tahun. Meski begitu, garis keturunan raja harus bisa diuraikan dengan jelas disertai alat bukti yang cukup tentang periodeisasi berupa adanya upacara besar dalam pergantian tahta.

"Jadi bila rangkaian garis keturunan itu betul-betul tersambung, dan tidak terputus, maka klaim sebagai keturunan lurus dan tidak terputus menandakan keabsahan dan legitimasi," terangnya.

Syarat berikutnya, kata Eddy, memiliki keraton atau berada di keraton yang memang sudah berdiri ratusan tahun dan tempat sama seperti di masa lalu.

"Bagaimanapun kerajaan masa lalu memiliki keraton yang lengkap dengan bentuk bangunan yang sarat nilai dan filosofi, dilengkapi dengan simbol-simbol kekuasaan kerajaan, serta pusaka. Apabila keraton masa lalu telah rusak, setidaknya simbol dan pusaka kerajaan masih ada dan dapat diverifikasi kesahihannya," urainya.

Poin ketiga, memiliki pusaka yang masih tersimpan dan terawat dengan baik. Namun, pusaka itu pun harus diuji terlebih dahulu.

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
January 20, 2020 at 10:36PM
https://ift.tt/2RaTsAx

Geger Keraton Agung Sejagat, Ini Ciri-Ciri Keraton Asli dan Abal-Abal - Okezone News
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Geger Keraton Agung Sejagat, Ini Ciri-Ciri Keraton Asli dan Abal-Abal - Okezone News"

Post a Comment

Powered by Blogger.