Search

Belajar Kasus MeMiles, Ini Ciri-ciri Investasi Bodong | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Perencana keuangan Ruisa khoiriyah, memaparkan bahwa investasi bodong atau tipuan berbungkus investasi, ciri-cirinya sebenarnya mudah dikenali.

Pertama, dia menawarkan sesuatu yang “too good to be true”. Dalam kasus Memiles, dia menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal.

"Misalnya, bila nasabah top up Rp 300.000 dia bisa mendapatkan iming-iming keuntungan hingga ratusan juta rupiah," kata Ruisa kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (18/1).

Kedua, perizinannya tidak jelas. Sebuah perusahaan investasi harus mengantongi izin dari OJK, tidak cukup dengan izin sebagai PT.

Menurutnya dalam kasus MeMiles, dia hanya berizin dari Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM sebagai perusahaan advertising.

Ketiga, model bisnisnya tidak jelas. Skema investasi yang masuk akal bisa menjelaskan model bisnisnya seperti apa, dari mana pengelola mendapat untung, bagaimana nasabah bisa mendapatkan untung dan sebagainya.

"Tapi dalam tipuan investasi, nasabah sulit menerka bagaimana bisnis tersebut dijalankan. Nasabah hanya diminta untuk top up dan top up, ini ciri utama skema Ponzi di mana keuntungan nasabah dibayarkan oleh uang dia sendiri atau dari setoran nasabah baru," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Tak Ada Penjelasan Risiko

Keempat, tidak ada penjelasan tentang risiko. Setiap investasi pasti memiliki risiko, para penipu investasi jarang yang berterus terang, tentang risiko yang mungkin terjadi. Mereka umumnya hanya bicara untung, dan memanfaatkan hasrat calon korban mereka.

Selanjutnya, ia pun memberikan tips cara menghindari penipuan investasi ilegal, yakni jangan pernah mau berinvestasi dengan ciri-ciri mencurigakan yang sudah dijelaskan di atas.

Tetaplah berpikiran rasional, dan tidak terjebak keserakahan. Pilih produk investasi yang sudah jelas identitasnya, rekam jejak dan legalitasnya. Yang terakhir sesuaikan pilihan investasi dengan rencana dan tujuan keuangan Anda.

Sumber: Liputan6

Reporter: Tira [did]

Baca juga:
Menko Luhut Sebut Microsoft Minat Investasi Rp 13,6 T Bangun Pusat Data di Indonesia
Draf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Rampung Awal Pekan Depan
Kantor Pemerintahan di Ibu Kota Baru Bebas dari Utang Asing
Pemangkasan Harga Gas dari Hulu Disebut Bikin Investor Khawatir
Dana Asing Rp272,7 Triliun Bakal Masuk ke Indonesia
Luhut Harap Rupiah Tak Terlalu Cepat Menguat
Dapat Investasi dari Uni Emirat Arab, BUMN Semakin Menarik untuk Investor

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
January 18, 2020 at 12:05PM
https://ift.tt/2G3u1dP

Belajar Kasus MeMiles, Ini Ciri-ciri Investasi Bodong | merdeka.com - Merdeka.com
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Belajar Kasus MeMiles, Ini Ciri-ciri Investasi Bodong | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.