Search

Waspada, Ini Ciri Batuk Kering yang Jadi Gejala Corona! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Mungkin beberapa orang sudah mendengar bahwa deteksi awal gejala Covid-19 atau virus corona bisa melalui jenis batuk yang dialami pasien. 

Menurut data WHO sebanyak 67% pasien corona mengalami batuk sebagai gejala awal. Namun batuk yang dialami lebih banyak berupa batuk kering.

Sekilas, memang tampak mudah jika dibedakan berdasar jenis batuk, berdahak atau kering. Namun banyak yang bertanya juga seperti apa batuk kering yang dimaksud oleh lembaga kesehatan dunia tersebut?


Mengutip Health.com, Dr Subinoy Das, MD ahli pernapasan dan tenggorokan mengatakan bahwa pada dasarnya, batuk kering tidak ada lendir atau berdahak. Sebaliknya, batuk basah adalah berisi lendir atau terdapat dahak di mana seseorang dapat benar-benar merasakan lendir bergerak di bronkus atau tenggorokan mereka.

Tidak hanya itu, batuk kering juga terdengar berbeda dari batuk basah.  Suara batuk kering terdengar konsisten dipicu oleh gelitik di belakang tenggorokan Anda, dengan suara gonggongan atau serak.  

"Itu karena jalan napas tidak terganggu dengan dahak atau cairan saat batuk," kata Dr. Das.  (Dengan batuk basah, lendir menumpuk, lalu pergi, terus-menerus mengubah saluran udara). 

Ia menjelaskan bahwa, meskipun batuk kering tidak selalu sakit, tapi jini enis batuk mengganggu, karena tidak ada lendir atau dahak yang dikeluarkan melewati pita suara.  Terlebih, batuk itu bisa menjadi sangat keras sehingga orang tersebut mungkin dapat melukai tulang rusuk mereka atau otot-otot interkostal (otot-otot yang berjalan di antara tulang rusuk).

Penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa batuk kering dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit lain tidak hanya COVID-19. Diantaranya, termasuk, alergi, asma, bronkitis, atau pilek biasa, menurut American College of Allergy, Asma dan Imunologi.  

Namun, Dr. Das menjelaskan bahwa jika Anda memiliki gejala lain yang terkait dengan COVID-19, seperti demam, kehilangan indera perasa yang tidak dapat dijelaskan, atau masalah pencernaan seperti diare, Anda harus menghubungi dokter untuk menanyakan tentang tes virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan obat batuk, pelembap, dan obat batuk untuk meringankan ketidaknyamanan batuk kering terkait flu, Dr. Das menunjukkan bahwa saat ini, tidak ada cara yang terbukti secara medis untuk mengurangi batuk kering dari COVID  -19, tetapi mereka yang memiliki gejala dapat menggunakan solusi di atas untuk membantu meringankannya.  

Dr. Das juga merekomendasikan untuk mandi air panas, untuk membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di hidung atau nasofaring yang mungkin bisa memperburuk batuk pasien. Dan jika Anda melakukan tes positif untuk virus corona, atau jika Anda yakin Anda memilikinya, perlu untuk mengisolasi diri sehingga Anda tidak membuat orang di sekitar Anda sakit juga.

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
March 24, 2020 at 05:22PM
https://ift.tt/2xnxBy8

Waspada, Ini Ciri Batuk Kering yang Jadi Gejala Corona! - CNBC Indonesia
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waspada, Ini Ciri Batuk Kering yang Jadi Gejala Corona! - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.