Search

RS Jangan Asal Menyimpulkan, Ini Ciri Pasien Corona Sesuai Rekomendasi Kemenkes - Detiknews

Surabaya -

Beredar kabar ada pasien yang suspect virus corona di Surabaya. Pasien tersebut sempat dirawat di RS Royal Surabaya dan dirujuk ke RSU dr Soetomo. Fotonya pun viral.

Langkah yang diambil RS Royal merujuk ke RSU dr Soetomo dianggap terburu-buru. Padahal ciri-ciri tertentu untuk mengetahui bahwa pasien tersebut suspect corona sudah ada. Bahkan sudah ada rekomendasi kemenkes.

"Terlalu paranoid mereka (RS Royal). Kriterianya jelas, pasiennya batuk, sesak nafas, panas dalam 14 hari lamanya, itu pun perlu masa inkubasi untuk diketahui. Perlu Swab juga, jadi tidak ujug-ujug dikatakan corona," kata dr Adria Hariastawa, Kepala IGD RSU Dr Soetomo kepada detikcom, Rabu (4/3/2020).

Untuk cek swab sendiri, lanjut Adria, satu-satunya tempat yang direkomendasi oleh Kemenkes yakni di Litbangkes Jakarta. Selain itu, pasien yang diduga suspect corona, dari standar yang ditetapkan internasional, mereka baru saja mengunjungi wilayah endemik seperti negara Cina.

"Wong jelas itu dari Arab Saudi, umroh pada 24 Februari. Kan sudah jelas, ciri-ciri corona, ada sekitar 36 kriteria internasional, dengan 33 ciri jelas PDP (pasien dengan penyakit). Dalam kriteria itu selain gejala-gejala nyata seperti batuk, panas, pilek juga mereka dari endemik seperti dari Wuhan (China)," jelasnya.

Ia mengimbau setiap rumah sakit khususnya di Jawa Timur tidak cepat menyimpulkan. Apalagi menangani secara berlebihan sehingga membuat heboh masyarakat.

"Saya tidak tau kenapa RS Royal begitu, seruan padahal sudah ada, kriteria juga ada. Padahal kalau dinyatakan corona, harus ada Swabnya dan rekomendasi Kemenkes ya dari Jakarta. Surabaya ada tapi keputusan Kemenkes di Jakarta," terangnya.

Sementara Direktur Utama RSU dr Soetomo Surabaya, Dr Joni Wahyuhadi memastikan Jawa Timur belum terkonfirmasi pasien corona. Dia mengimbau kepada pihak rumah sakit baik dari pemerintah maupun swasta agar tidak sampai panik apalagi membuat kehebohan.

"Sudah jelas ada kriterianya suspect virus corona. Jika ada indikasi pasti pengawasan ketat, dan gak mungkin dirawat di IGD, langsung ke ruang isolasi," jelasnya.

Tonton juga Kemenkes Semprit Video Viral Membuat Masker dari Tisu Basah :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
March 04, 2020 at 08:53AM
https://ift.tt/2VIv77C

RS Jangan Asal Menyimpulkan, Ini Ciri Pasien Corona Sesuai Rekomendasi Kemenkes - Detiknews
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RS Jangan Asal Menyimpulkan, Ini Ciri Pasien Corona Sesuai Rekomendasi Kemenkes - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.