Search

10 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini - merdeka.com

10 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini 10 ciri ciri kanker servix. independent.co.uk ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi di sel-sel serviks, yaitu bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Berbagai faktor dapat memicu timbulnya kanker serviks, seperti human papillomavirus (HPV) dan infeksi menular seksual.

Ciri-ciri kanker serviks stadium awal memang sulit dikenali. Kanker serviks stadium awal sering kali tidak menimbulkan keluhan atau ciri-ciri apa pun. Bila muncul, ciri-cirinya tidak khas dan bisa menyerupai ciri-ciri penyakit lain.

Kanker serviks sering kali terlambat ditangani karena ciri-ciri yang tidak disadari. Padahal, bila kanker serviks stadium awal dapat terdeteksi sejak dini dan segera diobati, peluangnya untuk sembuh akan lebih besar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri kanker serviks sejak dini. Lalu apa saja sih ciri-cirinya? Simak ulasan berikut tentang ciri-ciri kanker serviks yang perlu diwaspadai sejak dini :

1 dari 10 halaman

1. Mengalami Keputihan yang Berlebih

10 gejala diabetes yang sering diabaikan

healthwoman.co.uk 2020 Merdeka.com

Selain pendarahan yang tidak normal pada vagina, ciri-ciri kanker serviks lainnya adalah keputihan yang tidak normal. Akan terjadi perubahan lendir pada keputihan dengan mengalami perubahan warna, muncul aroma yang tidak sedap, serta terjadi perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina.

Namun, keputihan yang tidak biasa ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalaminya.

2 dari 10 halaman

2. Menstruasi yang Berkepanjangan

10 penyebab migrain yang jarang diperhatikan

liputan6.com 2020 Merdeka.com

Wanita yang mengidap kanker serviks biasanya akan mengalami siklus menstruasi yang lebih panjang dibandingkan dengan orang kebanyakan. Menstruasi yang menjadi ciri-ciri kanker serviks bisa berlangsung selama dua minggu, bukan empat hari, atau mengalami dua kali menstruasi dalam satu bulan.

Namun, jika Anda ragu mengenai kondisi yang dialami apakah terkait kanker serviks atau tidak, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

3 dari 10 halaman

3. Rasa Nyeri Saat Berhubungan Intim

10 ciri ciri kanker servix

pixabay.com 2020 Merdeka.com

Wanita yang mengidap kanker serviks akan mengalami nyeri panggul saat sedang berhubungan intim. Ini biasanya terjadi ketika kanekr serviks sudah mencapai stadium lanjut.

Rasa nyeri yang timbul akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berhubungan intim. Maka segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami hal tersebut, untuk memastikan juga apakah kondisi ini merupakan ciri penyakit lain seperti endometriosis atau fibroid.

4 dari 10 halaman

4. Pendarahan Vagina

15 penyebab haid tidak teratur yang jarang diketahui

2020 Merdeka.com

Gejala yang umum terjadi ketika wanita mengalami kanker serviks adalah pendarahan vagina yang tidak normal. Pendarahan ini dapat terjadi lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya, dapat terjadi di antara periode menstruasi, atau pada wanita yang sudah menopause.

Selain pada saat menstruasi, pendarahan vagina juga dapat terjadi saat berhubungan seksual.

5 dari 10 halaman

5. Mudah Lelah

10 gejala diabetes yang sering diabaikan

liputan6.com 2020 Merdeka.com

Ciri lain yang akan muncul pada penderita kanker serviks adalah mudah lelah. Kondisi ini terjadi akibat pendarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga lama kelamaan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah (anemia), yang membuat tubuh menjadi cepat lelah.

Rasa lelah biasanya akan berlangsung setiap saat dan tidak hilang meskipun Anda telah beristirahat cukup.

6 dari 10 halaman

6. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, lalu menyebar hingga ke kandung kemih. Karena sistem reproduksi wanita terletak dekat kandung kemih dan uretra, tumor atau pembengkakan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan infeksi saluran kemih seperti rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil, sering dan kesulitan buang air kecil.

Meski begitu, gejala-gejala ini juga dapat berarti kondisi lain, seperti kandung kemih yang terlalu aktif.

7 dari 10 halaman

7. Pembengkakan Kaki

7 gejala asam urat yang harus diwaspadai

hellosehat.com 2020 Merdeka.com

Kaki membengkak atau terasa nyeri adalah ciri-ciri kanker serviks yang mudah untuk dikenali. Kondisi ini dapat terjadi ketika sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga menghambat sirkulasi ke kaki. Akibatnya, terjadi penimbunan cairan yang membuat kaki menjadi bengkak.

8 dari 10 halaman

8. Keluar Urine atau Feses dari Vagina

Saat sudah memasuki stadium lanjut, kanker serviks dapat mempengaruhi fungsi vagina. Hal ini bisa menimbulkan kebocoran urine atau keluarnya tinja dari vagina.

Kebocoran ini bisa terjadi akibat terbentuknya fistula antara vagina dan saluran kemih, atau fistula ani antara vagina dan anus, sehingga urine dan feses dapat melewati vagina.

9 dari 10 halaman

9. Kehilangan Nafsu Makan

10 gejala diabetes yang sering diabaikan

wfitness.co.uk 2020 Merdeka.com

Wanita yang terkena kanker serviks akan mengalami penurunan atau bahkan kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenakan penyebaran sel kanker yang membuat tubuh sulit menerima asupan makanan. Selain itu, penurunan berat badan drastis yang tidak diketahui penyebabnya, juga perlu dicurigai sebagai gejala kanker.

10 dari 10 halaman

10. Nyeri Punggung

10 ciri ciri kanker servix

medicalnewstoday.com 2020 Merdeka.com

Nyeri punggung bawah dan panggul dapat dikaitkan dengan masalah dengan organ reproduksi. Nyeri punggung berulang adalah ciri-ciri kanker serviks yang harus diwaspadai. Jika rasa nyeri mulai terasa lebih dekat dengan usus buntu, itu berarti kanker serviks sudah mencapai pada tahap selanjutnya.

[far]

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
March 11, 2020 at 11:30AM
https://ift.tt/3cQLtRK

10 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini - merdeka.com
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.