Search

10 Ciri-ciri Psikopat Beserta Penjelasan dan Penyebabnya, Patut Diwaspadai - Merdeka.com

10 Ciri-ciri Psikopat Beserta Penjelasan dan Penyebabnya, Patut Diwaspadai Ilustrasi Pembunuhan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Ciri-ciri psikopat atau psikopati perlu diketahui untuk menjaga diri, maupun keluarga dan rekan, saat bersosialisasi di lingkungannya Psikopat merupakan bahasa Inggris, psychopath yang berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos artinya penyakit. Ciri psikopat yang paling sering ditemui dan umum terjadi ialah egosentris dan antisosial.

Dalam ilmu psikologi, psikopat memiliki nama lain Gangguan Kepribadian Anti Sosial (ASP), serta berbeda dengan sakit gila. Salah satu kasus psikopat yang paling terkenal, Raja Inggris Richard III.

Kasus pembunuhan tidak lepas dari kejadian adanya psikopat yang melatarbelakangi alur cerita kejamnya. Berikut merdeka.com telah merangkum mengenai ciri-ciri psikopat beserta penyebabnya dari berbagai sumber.

1 dari 9 halaman

Ciri-Ciri Psikopat

1. Pandai Berbohong

Robert D. Hare seorang ahli psikopati dunia dan guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada, telah melakukan penelitian psikopat selama 25 tahun. Prof Hare berpendapat bahwa seorang psikopat selalu memutar balik fakta, membuat kamuflase yang rumit, menebar fitnah, dan berbohong untuk mendapatkan kepuasan, serta keuntungan dirinya sendiri.

2 dari 9 halaman

2. Terlalu Cerdas

Dari hasil studi yang dilakukan oleh The American Psychiatric Association menggunakan metode DSM versi IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder) :

  • Meneliti gejala kepribadian pasien, biasanya sejak usia 15 tahun sudah mulai menunjukkan tanda-tanda gangguan kejiwaan.
  • Melalui hasil psikotes, seorang psikopat biasanya memiliki IQ yang tinggi untuk usianya.
  • Melalui tes pengetahuan, psikopat biasanya memiliki pengetahuan yang begitu luas. Apabila ada anak usia 3 tahun dan terlalu genius, di mana seharusnya anak tersebut tidak mungkin segenius itu, ada kemungkinan kelak anak memiliki tanda psikopat.

Seperti kasus remajapsikopat di Indonesia yang melapor sendiri ke polisi atas tindak pembunuhannya. Berbagai barang bukti berupa gambar dan tulisan berbahasa Inggris yang terlihat unik. Dibandingkan anak seusinya, dia memiliki kecerdasan lain.

3 dari 9 halaman

3. Egosentris

tentang psikopat

ilustrasi psikopat 2017 Merdeka.com

Ciri-ciri psikopat selanjutnya, sosok anak yang selalu menganggap dirinya hebat (dalam arti tertentu). Merasa tidak bersalah dan tidak ada penyesalan atas segala tindakannya.

Seorang psikopat memang akan mengakui perbuatannya, di sisi lain begitu meremehkan atau menyangkal akibat dari perbuatannya, serta memiliki alasan untuk tidak peduli.

4 dari 9 halaman

4. Susah Menerima Moral

psikopat

Moral Decision Making in Psychopaths, NCBI 2020 Merdeka.com

Ciri-ciri psikopat berikutnya baik anak hingga dewasa, sosok yang susah menerima moral. Melansir dari NCBI, para peneliti telah mengetahui selama beberapa waktu, bahwa psikopat mengingat kata-kata emosional seperti halnya non-psikopat.

Meskipun psikopat membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali isi emosional dari kata-kata tersebut.

Dibandingkan dengan non-psikopat, psikopat menunjukkan penurunan aktivasi di korteks temporal posterior kanan dan peningkatan aktivasi di amigdala, dua area yang diketahui berhubungan dengan penalaran moral.

5 dari 9 halaman

5. Sulit Mengontrol Diri

psikopat

The fMRI of an Affective Memory Task in Criminal Pyschopaths, NCBI 2020 Merdeka.com

Gambar tersebut menunjukkan rendering area saraf di mana psikopat kriminal menunjukkan aktivitas yang secara signifikan lebih sedikit berpengaruh dibandingkan subyek kontrol non-kriminal untuk perbandingan kata-kata afektif versus kata-kata netral dari tugas memori afektif.

Dari hasil tes tugas go-no-go, psikopat jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menghambat respons. Ketidakmampuan ini bisa menjelaskan kontrol perilaku buruk, nomadenitas, dan gaya hidup impulsive seorang psikopat.

6 dari 9 halaman

6. Tidak Empati

ilustrasi psikopat

ilustrasi psikopat 2013 Merdeka.com

Ciri-ciri psikopat selanjutnya ialah tidak memiliki rasa empati. Salah satu contohnya, seorang psikopat memotong kepala burung sama halnya dengan memotong kepala manusia. Sehingga psikopat berani bertindak agresif dan sering keluar rumah.

7 dari 9 halaman

7. Sulit Mengendalikan Diri

Ciri psikopat yang paling umum terjadi, yakni sulit mengendalikan diri. Inilah beberapa kasus baik di Indonesia dan luar negeri, pembunuhan yang dilakukan secara santai, ada anak kecil yang dimutilasi, dibakar dengan sisanya dikirim ke rumah keluarga, serta berbagai kasus lainnya.

Bagi seorang psikopat, tidak ada waktu untuk mempertimbangkan baik atau buruknya perbuatan yang akan dilakukan. Tidak peduli atas apa yang telah diperbuat atau memikirkan tentang masa depan.

Seorang psikopat amarahnya mudah terpicu akan hal-hal kecil, mudah emosi terhadap kritik, kekecewaan, kegagalan, dan mudah menyerang hanya dari alasan sepele.

8. Tidak Bertanggung Jawab

Ciri-ciri psikopat selanjutnya ialah tidak bertanggung jawab atas tindakanya. Rasa tidak empati serta sulit mengendalikan diri tersebut memicu dirinya untuk bersikap tidak bertanggung jawab. Semua perbuatan dilakukan demi kesenangan dan kepuasannya sendiri.

8 dari 9 halaman

9. Terlalu Bersikap Dingin dan Terlalu Drama

Seorang psikopat biasanya suka bertindak curang dan menyeleweng atau manipulatif. Kemudian suka menunjukkan emosi terlalu drama, meski sebenarnya tidak bersungguh-sungguh.

Psikopat juga tidak memiliki tanggapan fisiologis, yang secara normal diasosiasikan seperti rasa tegang, takut, jantung berdebar, tangan berkeringat, mulut kering, maupun gemetar.

10. Berwawasan Luas

Seorang psikopat biasanya sudah nampak sejak anak dan remaja. Beberapa di antara mereka akan menyukai suatu hal yang berlebihan, missal film horror, komik tertentu, dan tokoh yang sekiranya dianggap layak diikuti.

Kesenangannya terhadap satu hal tersebut membuat rasa ingin tahunya begitu tinggi dan mempelajarinya dengan sangat serius. Wawasannya yang semakin luas dengan adanya ketidakseimbangan dengan kontrol emosinya.

9 dari 9 halaman

Penyebab Psikopat Secara Umum

  1. Secara biologis, ada kelainan di otak, dari hasil tes yang dipublikasikan oleh Prof. Hare tahun 1999. Psikopat yang suka hipokrit atau munafik berasal dari stimulus di otaknya.
  2. Sosial yang tidak sehat. Hubungan sosial yang diterima serta dipancarkan sama-sama memberi kenangan negatif. Psikopat jadi lebih banyak berpikir negatif dan melakukan sesuatu tanpa piker panjang, cenderung impulsive.
  3. Pendidikan lingkungan yang salah. Menurut Kirkman, psikis dari seorang psikopat memiliki latar belakang masa kecil yang tidak mendapat peluang untuk berkembang emosinya secara optimal, sesuai tahap usianya.

Itulah beberapa ciri-ciri psikopat secara umum beserta penyebabnya yang patut Anda waspadai. Apabila melihat ada gejala pada anak atau kenalan, cobalah untuk konsultasikan pada psikolog yang tepat.

Mendidik buah hati apapun caranya, pasti akan memberi umpan balik, entah buruk atau baik semua tergantung pada Anda. Semoga bermanfaat

[kur]

Let's block ads! (Why?)



"ciri" - Google Berita
March 10, 2020 at 05:27PM
https://ift.tt/3aH71OV

10 Ciri-ciri Psikopat Beserta Penjelasan dan Penyebabnya, Patut Diwaspadai - Merdeka.com
"ciri" - Google Berita
https://ift.tt/36yNqz2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Ciri-ciri Psikopat Beserta Penjelasan dan Penyebabnya, Patut Diwaspadai - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.